Jorge Martin Bingung Dapat Crash di Jerez

Jerez de la Fontera – Nasib tidak beruntung diperoleh Jorge Martin setelah jatuh dikala memimpin balapan MotoGP Spanyol 2024. Martin keder dengan insiden yang dialaminya itu.

Pebalap Pramac itu start dari grid ketiga pada balapan sepanjang 25 lap di Sirkuit Jerez, Minggu (28/4) malam WIB. Martin menjadikan start bagus dengan menyalip pole sitter Marc Marquez dan Francesco Bagnaia untuk mengambil alih posisi terdepan di dua putaran pertama.

Selanjutnya Jorge Martin melakoni balapan spaceman pragmatic play dengan cukup nyaman sebab cakap menjaga jarak hampir sedetik dari Bagnaia di belakangnya. Akan tapi, Martin crash di Tikungan 6 sebab kehilangan kendali di bagian depan motornya. Pebalap Spanyol itu terseret ke gravel sekaligus menandai gagal finis pertamanya di MotoGP 2024.

Pada pelaksanaannya, crash Jorge Martin hal yang demikian memberi keuntungan kepada Bagnaia sebab memperoleh posisi terdepan. Pebalap Ducati itu hasilnya timbul sebagai pemenang, setelah memecahkan konfrontasi Marc Marquez.

“Pastinya [tadi itu] sebuah crash yang aneh. Saya akan memeriksanya lebih jauh. Padahal aku tadi melaju dalam kecepatan yang sama dan aku mengerem di tempat yang sama [seperti putaran-putaran sebelumnya],” sahut Martin dikutip Autosport. “Jadi ini sedikit aneh. Kami perlu memahaminya sedikit lagi pada detil-terperincinya.”

“Tadi aku berupaya tetap pada kecepatan itu, 1 menit 37,9 detik, 1 menit 38 detik. Itu ‘kan kecepatan yang bagus untuk menjaga posisi terdepan di fase balapan seperti tadi, berupaya menghemat ban belakang untuk fase akhir. Saya tadi fokus dan juga percaya diri,” sambung runner-up MotoGP 2023 ini.

“Tentunya, aku tak menduga akan jatuh pada kecepatan itu sebab tadi aku benar-benar memasuki tikungan lebih permulaan, aku benar-benar lurus. Kami perlu memahami supaya tak terjadi lagi.”

“Barang kali ada beberapa tikungan di mana aku mengambil risiko lebih besar, tapi tak di Tikungan 6. Saya tadi berupaya tetap, aku mengerem senantiasa di titik yang sama. Jadi kami perlu memahami di mana dan membaik untuk ke depannya,” Jorge Martin menambahkan.