Ini Dia Video Game yang Diciptakan untuk Kesehatan Mental Anak

Siap-siap nanti memainkan video game separuh jam sehari akan jadi resep dokter buah hati. Akili, perusahaan pengembang game di Boston membikin sejarah menjadi video game pertama yang diakui FDA sebagai perawatan medis untuk kesehatan mental.

Game ini bernama Akili Interactive’s EndeavorRX yang diulas oleh CNBC.com. EndeavorRX digunakan untuk mengobati buah hati usia 8-12 tahun yang mengalami gangguan attention deficit hyperactivity disorder (ADHD).

FDA (Food and Drug Administration) menyatakan game ini sebagai terapi berbasis game digital untuk meningkatkan fungsi atensi pada buah hati dengan gejala ADHD.

Dalam game ini, pemain menyetir pesawat melalui sebagian rintangan yang perlu mereka hindari. Lubang api dan ranjau air yakni rintangan yang sepatutnya mereka hindari sementara mengumpulkan taget.

Akili memberi saran buah hati untuk slot spaceman bermain game ini setidaknya terus-menerus selama 25-30 menit sehari, lima hari seminggu, selama empat pekan.

Akili menerangkan dalam promosinya, saat dokter meresepkan game untuk penderita gangguan kesehatan mental pada buah hati, ada lima misi yang sepatutnya dituntaskan dalam waktu yang ditentukan. Sesudah lima misi ini selesai, game ini tidak akan bisa dimainkan kembali sampai waktu terapi berikutnya.

Tim Akili terdiri dari spesialis saraf dan desainer teknologi membikin EndeavorRX untuk meningkatkan bentang perhatian buah hati selama terapi. Dengan algoritma yang bisa menyesuaikan tingkat kesusahan sesuai dengan kesanggupan pemainnya.

Program perawatan kesehatan mental yang dihasilkan dalam format game secara ilmiah dihasilkan untuk menantang perhatian buah hati. Game ini membutuhkan perhatian dan konsentrasi pada sebagian tugas secara bersamaan.

Game ini bisa diunduh pada gawai seluler melainkan game ini membutuhkan resep dari dokter untuk benar-benaar memainkannya. Kecuali untuk terapi buah hati dengan ADHD, game ini dihasilkan untuk pengobatan dan program edukasi kesehatan mental.

Sejauh ini game ini berhasil bagi buah hati-buah hati, bukan untuk dewasa.

CEO Akili, Eddie Martucci, menerangkan bahwa EndeavorRX menggunakan teknologi untuk merawat ADHD dengan sistem yang benar-benar baru dan segera ditargetkan pada fungsi saraf melalui obat yang dihasilkan layaknya hiburan.

Seandainya keluarga mau mengobati si kecilnya dari ADHD dengan sistem yang baru, permainan ini bisa menjadi opsi. Dengan putusan dari FDA, game ini menjadi pelopor opsi perawatan tanpa obat. Tujuan Akili yakni membantu orang yang memiliki dilema kognitif.

FDA malah mencatat data review dari sebagian studi klinis yang melibatkan lebih dari enam ratus buah hati sebelum memberikan perizinan. Game Akili ini menawarkan opsi bukan obat-obatan untuk merawat buah hati dengan ADHD dan menjadi contoh penting pada perkembangan terapi digital dan terapeutik digital.

Hal ini dijelaskan oleh Jeffrey Shuren, direktur FDA untuk Kesehatan Gawai dan Radiologi sebagaimana dicatat dalam materi promosi Akili.

Persetujuan FDA yakni puncak penelitian dan pengembangan yang dikerjakan Akili selama bertahun-tahun. Di tahun 2017, CNBC mencatat misi perusahaan untuk membangun video game yang bisa mengobati pelbagai dilema kesehatan mental seperti ADHD depresi, dan penyakit Alzeheimer.

Awalnya proyek EndeavorRX bernama Project: EVO yang saat itu masih dalam cara kerja persetujuan FDA. Sekarang EndeavorRX sudah disetujui juga oleh CE Mark yang artinya sudah masuk ke pasaran Eropa sebagai opsi medis.