Game Komputer Jadul yang Paling Dikangenin Saat Ini

Salah satu memori masa kecil yang menyenangkan untuk diingat yakni momen dikala pertama kali bermain game di komputer tahun ’90-an. Di Indonesia, pada tahun itu rasanya belum banyak orang yang punya komputer di rumah.

Komputer masih dimiliki secara terbatas di perkantoran dan sekolah/universitas. Kecil-buah hati masa itu lebih banyak bermain game melalui video game semacam dingdong. Berkat sebuah komputer bekas yang dibawa Ayah setelah memecahkan kuliah, saya termasuk yang beruntung bisa berkenalan dengan komputer melalui game.

Komputer pada zaman itu bentuknya tak menarik sama sekali. Komputer yakni sebuah monitor tabung yang mahjong ways 2 dilengkapi dengan CPU, mouse, dan keyboard, serta masih berjubel dengan untaian kabel-kabel penghubung. Sama sekali tak ada koneksi nirkabel apalagi jaringan dunia maya.

Seandainya dinyalakan, tampilan komputer didominasi oleh latar belakang berwarna gelap, di atasnya muncul sekumpulan teks berwarna putih berbahasa Inggris. Cara operasi yang diaplikasikan bahkan belum berupa tampilan grafis GUI (graphical user interface), tapi masih mengaplikasikan perintah-perintah terminal berbasis MS-DOS (Microsoft Disk Operating System).

Walaupun secara fisik tak menarik, buat seorang buah hati laki-laki usia sekolah dasar, benda itu konsisten saja membikin penasaran. Apalagi komputer yang pertama saya ketahui bukan komputer game, tapi sebuah komputer kerja yang fungsinya menggantikan mesin tik. Hingga kelak kemudian tahu metode mengoperasikan komputer dan bisa membuka aplikasi game sendiri.

Kenapa game berikut cocok dirindukan? Tentu karena game-game komputer MS-DOS berikut secara grafis dan audio mewakili eranya. Justru karena dibentuk dari pixel-pixel yang masih kasar dan audionya yang berkarakter, menjadikan ciri khas game-game MS-DOS tahun 90-an selalu diingat.

Game komputer MS-DOS #1 Space Invaders

Game ini bergenre arcade yang paling permulaan dioptimalkan secara serius. Kelak, perusahaan yang mewadahi game ini, Atari, menjadi perusahaan game asal Jepang yang paling berhasil di dunia.

Space Invaders yakni permainan menembak alien dengan meriam laser untuk mendapatkan nilai setinggi mungkin. Bahkan pemain akan mati jika tertembak atau menyentuh barisan alien yang ada di depannya. Game ini benar-benar populer karena karakternya mengaplikasikan ambience dan benda-benda ruang angkasa yang muncul di film Star Wars.

Game yang awalnya dioptimalkan oleh Tomohiro Nishikado pada 1978 ini termasuk game yang mudah membikin ketagihan. Maniak Space Invaders bertanding-pertandingan untuk mendapatkan nilai tertinggi.

Kampiun turnamen eSports pertama di dunia yakni persaingan Space Invaders tahun 1980 yang dicontoh oleh 10.000 peserta. Awalnya game ini yakni seorang gamer wanita asal California, Rebecca Heineman.

Game komputer MS-DOS #2 Raptor

Raptor yakni game menembak yang metode memainkannya mirip dengan Space Invaders. Bedanya, Raptor memiliki tampilan grafis yang jauh lebih menarik ditambah gameplay yang lebih modern. Game ini punya 3 tingkatan gameplay, yakni Bravo Sector, Tango Sector, dan Outer Regions. Masing-masing masih terbagi ke dalam sebagian submisi yang memiliki tingkat kesusahan yang berbeda-beda.

Karakter utama game ini yakni pesawat militer yang punya misi menghancurkan barisan pesawat musuh dengan pelbagai rintangan lain yang ada di depannya. Rintangan ini bisa berupa meriam, gudang senjata, hingga benda-benda angkasa yang berguguran. Ada sebagian jenis senjata yang bisa dipilih oleh si pemain untuk menghancurkan musuh sehingga membikin game ini lebih menarik.

Game yang pertama kali rilis pada 1994 untuk MS-DOS ini dioptimalkan oleh Cygnus Studios, yang kemudian dirilis oleh Apogee Software. Game bergenre 2D vertical-scroller single player ini kini juga bisa dimainkan pada perangkat bersistem operasi Windows, Linux, Mac OS, juga iOS.

Game komputer MS-DOS #3 Pac-Man

Pac-Man yang kita ketahui dikala ini sudah ada sejak tahun ’80-an. Seandainya game ini bernama Puck-Man. Sejenis game ketangkasan yang dimainkan untuk bersenang-senang. Game ini dioptimalkan oleh perusahaan asal Jepang, Namco.

Karakter khas Pac-Man berupa lingkaran tak penuh seperti format mulut. Pac-Man akan terus bergerak mencari jalan yang dibatasi oleh sekat-sekat untuk mencari makanan, pantang berhenti mencaplok sebelum musuh berhasil menangkapnya.

kamu pernah menonton serial dokumenter High Score di Netflix, kamu akan tahu bahwa game ini sebenarnya diwujudkan sebagai alternatif Space Invaders. Space Invaders yang banyak dimainkan laki-laki menyokong pengembang game untuk menyasar segmen pemain perempuan. Pada hasilnya, tujuan game ini memang berhasil, banyak perempuan di era itu yang menggandrungi karakter lucu Pac-Man.